Sabtu, 08 Mei 2010

Kebiasaan jelek yang dapat menyebabkan otak rusak

| Sabtu, 08 Mei 2010 | 24 komentar
Selamat membaca artikel diblog ini semoga bermanfaat :)

Kesehatan,Otak sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia,otak dapat diibaratkan prosesor dalam sebuah komputer.tanpa kita sadari otak bisa mengalami kerusakan karena kebiasaan jelek kita dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Kebiasaan jelek yang dapat menyebabkan otak rusak:

-Menutup kepala saat tidur(klo gak menutup kepala saat tidur saya gak bisa tidur heheheh)
Tidur dengan kepala ditutup bantal misalnya, akan meningkatkan konsentrasi karbondioksida ke otak. Saat bernafas dengan kepala tertutup, karbondioksida hasil bernafas akan masuk kembali ke dalam tubuh dan hal itu sangat berbahaya.

-Tidak sarapan
Mereka yang tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah yang rendah. Hal ini akan memicu ketidakcukupan nutrisi pada otak padahal otak butuh nutrisi yang cukup untuk tetap bisa bekerja. Akibat kurang suplai nutrisi terutama glukosa, akhirnya kemampuan otak akan cepat menurun.

-Makan berlebihan
Sikap yang terlalu berlebihan bisa mengeraskan pembuluh darah di otak yang akhirnya dapat menurunkan kekuatan mental.

-Merokok
Semua orang tahu merokok itu tidak baik untuk kesehatan dan ada banyak dampak buruk yang dihasilkan bagi organ tubuh jika merokok. Khusus untuk organ otak, merokok bisa menyebabkan otak menyusut dan memicu penyakit pikun atau Alzheimer. Sel-sel saraf akan menyusut pada bagian hippocampus dan korteks depan yang berfungsi menyimpan ingatan.

-Konsumsi gula berlebih
Terlalu banyak mengonsumsi gula akan mengganggu proses penyerapan protein dan nutrisi sehingga tubuh akan mengalami kekurangan gizi (malnutrisi) dan akhirnya mengganggu perkembangan otak.

-Polusi udara

Otak adalah organ yang mengonsumsi oksigen paling banyak dari tubuh. Menghirup udara yang penuh polusi akan mengurangi suplai oksigen ke otak dan akhirnya mengurangi efisiensi otak dalam bekerja.

-Kurang tidur
Tidur akan membuat otak berisitirahat. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama sama saja dengan membunuh sel otak perlahan-lahan karena otak terus dipaksa untuk tetap menyala padahal otak juga butuh istirahat.

-Tetap bekerja dalam keadaan sakit
Memaksakan diri untuk bekerja atau belajar dalam kondisi sakit sangat tidak baik untuk otak dan akan merusak sel-sel otak.

-Jarang berbicara

Percakapan akan membantu seseorang untuk terus mengaktifkan sel-sel otaknya, apalagi percakapan yang berbau intelektual. Orang yang jarang berbicara akan membiarkan sel-sel otaknya mati perlahan-lahan karena tidak pernah mengaktifkannya.

-Jarang menstimulasi pikiran
Berpikir adalah cara paling baik untuk melatih otak. Kurang menstimulasi otak dengan berbagai hal akan menyebabkan otak menyusut. Sel-sel otak akan mati karena tidak ada sesuatu yang membuat otak berkembang.

Penyakit yang berhubungan dengan otak antara lain ketidak mampuan berkomunikasi (Asperger syndrome), trauma atau kerusakan batang otak (traumatic brain injury), keterbelakangan mental (Down syndrome), epilepsi, autisme, ganguan kejiwaan (psychiatric disorders), penyakit disorientasi otak (Alzheimer), kelainan otak kronis yang mengganggu pergerakan (Parkinson), kelumpuhan (Paralyses), kerusakan atau kematian sebagian otak (partial brain degenerative disorder), Szhizoprenia dan lainnya.

Pengobatan yang biasa diterapkan untuk penyakit-penyakit otak adalah menggunakan obat-obatan dan terapi psikis. Tapi kini peneliti dan para ilmuwan sedang giat mengembangkan teknik pengobatan terapi gen dan stem cell yang diyakini dapat memperbaiki neuron atau bagian otak yang telah rusak atau mati.

Selain itu, pengembangan virus tertentu yang telah dimodifikasi secara molekular juga menjadi alternatif baru yang sedang duji peneliti. Virus yang telah dilemahkan ini kemudian diinjeksi ke pasien dan selanjutnya akan bermanfaat memperbaiki sistem saraf yang rusak.

24 komentar :

Reynaldi mengatakan...

artikel bagus nih. Makasih

Akhyar's Blog mengatakan...

Bagus postingannya sob,,, sangat berguna

ahmad mengatakan...

wuih, untung ane g pernah ngerokok sob n g udah jauhin perilaku2 di atas. ane dah pernah baca soalnya. keep sharing!

KangTiar mengatakan...

Bagus Banget....I Like it

PeJhes mengatakan...

HaRus Lebih WasPada nih..

Oemar mengatakan...

Menakutkan.. tapi yang lucu nomor satu, gila ajah tidur ditutup bantal, ahaha.. mau bunuh diri yach..
hihi..
Aku type yang gak suka ngomong.. ehehe..

Komputer Tips- soul mengatakan...

nice tips kawan...

van mengatakan...

glekk,pdahal ane skarang jarang tidur dtambah jarang bicara...wahh harus bnyak2 cerewet neh bang,,hhaha

Rizky2009 mengatakan...

kl merokok sih g bisa aq tinggalkan sob, ngeblog tanpa merokok kurang lengkap, kadang kl lagi blank ide meroklok dulu baru deh ketemu idenya

Rahad 2 Six mengatakan...

wah..tapi kok bnyak anak skolahan yg pinter tapi jarang bicara,pendiem,seneng nyudut lagi..

Urang Bogor mengatakan...

wah kacau neh masuk beberapa kategori nih... hehehe harus di perbaiki...!!!

Mantab...

manajubelz mengatakan...

aku termasuk salah satunya!!!!!

BeDa mengatakan...

Alhamdulillah, dapat info yang bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik kita. Semoga hal-hal buruk di atas bisa kita hindari.

Salam ukhuwah

Gudangblog | Belajar SEO mengatakan...

mantap... kalau aq tidur juga nutup pake bantal... tapi cuma matanya doang... hidung dan mulut nggak ditutup.. Belajar SEO yuk bareng..

fakhrudin mengatakan...

wah bagus nih infonya,...

bim hermansyah mengatakan...

klo orang bisu gimana kan ngak bisa berbicara... musti jarang bicara dia..

kusanag1 mengatakan...

untung otak gw gak koslet

kunaon mengatakan...

ooooo gitu toh

TintaBesi mengatakan...

HZmmmmm... Film porno juga dapat mengecilkan ukuran otak manusia lho.

dikiew mengatakan...

naise info gan..

Bunawan mengatakan...

Wah,, kira2 kalo otaknya rusak,, mental nya ikut rusak jg ga ya :), ,
Nice info

Blogger Indo mengatakan...

wah bahaya ni, salah satu kebiasaanku ada di situ..aku jarang makan pagi ni..ngk tau kenapa kalau pagi tu malas makan...

E-lifestyleandbusiness.com mengatakan...

duh jangan sampai gw kena penyakit ini

Penyakit yang berhubungan dengan otak antara lain ketidak mampuan berkomunikasi (Asperger syndrome), trauma atau kerusakan batang otak (traumatic brain injury), keterbelakangan mental (Down syndrome), epilepsi, autisme, ganguan kejiwaan (psychiatric disorders), penyakit disorientasi otak (Alzheimer), kelainan otak kronis yang mengganggu pergerakan (Parkinson), kelumpuhan (Paralyses), kerusakan atau kematian sebagian otak (partial brain degenerative disorder), Szhizoprenia dan lainnya.



Serem bgt, mending gw kabur dr keluarga deh dr pd hrs beratin orang.. apalagi alzhemeir.. duh sedih bgt kalau menderita itu...

Anonim mengatakan...

main poker bikin otak rusak ga ya...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Blogroll

Flagcounter

free counters
© Copyright 2010. K-blogger . All rights reserved | K-blogger is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal Mulai Bisnis Online